Cerdas Belajar Matematika

Media belajar Matematika, media interaktif untuk ulangan harian, remedial dan pengayaan secara online, analisis statistik untuk penelitian

*** Untuk mendownlod materi di blog ini klik tombol "simpan ke PDF" pada akhir artikel ***

Selamat Belajar

Contoh soal UN Matematika SMP tahun 2015 : pemetaan dan fungsi

SKL 02 Indikator 4 : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.


Pembahasan :
NoContoh SoalRumus dan Solusinya
1
Diagram panah berikut yang merupakan pemetaan adalah …
  1. I dan II         c. I dan III
  2. II dan IV     d. II dan III
 Ciri pemetaan/fungsi pada diagram panah semua anggota A punya pasangan dan tidak boleh ada panah bercabang dari A
2Perhatikan relasi berikut!
(i) {(1,a), (2, a), (3, a), (4,a)}
(ii) {(2, b), (3, c), (4, d), (2, e)}
(iii) {(3, 6), (4, 6), (5, 10), (3, 12)}
(iv) {(1, 5), (3, 7), (5, 9(, (3, 11)}
Relasi di atas yang merupakan pemetaan adalah

a. (i)      b. (ii)      c. (iii)      d. (iv)
  • Ciri pemetaan/fungsi pada himp. Pasangan berurutan tidak boleh ada absis (yg ditulis di depan) yang berulang.
  • (a,1) a = absis; 1 = ordinat
3
Diketahui A = {1,2,3} dan B = {a,b,c,d} banyaknya pemetaan yang mungkin dari B ke A adalah …
a. 81    b. 64    c. 32    d. 12
Banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B = n(B)n(A)
n(A) = …. ; n(B) = ……
banyaknya pemetaan yang mungkin dari B ke A = ………… = ….
4
Perhatikan diagram berikut ini! Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah...

a. faktor dari
b. lebih dari
c. kurang dari
d. setengah dari
1 faktor dari 2
1 faktor dari 3
1 faktor dari 4

2 faktor dari 2
2 faktor dari 4

4 faktor dari 4
5Diketahui fungsi f : x a x + b dengan f (0) = - 3 dan f (2) = 1, maka nilai a + b =....
a. 1                       C. 5
b. – 1                    D. – 5
a=  (-3-1)/(0-2) = ….
f(2) = 2a + b = 1 2*…. + b = 1 b = 1 - …. b = …..
a + b = ….. + ….. = ….
6Suatu fungsi dirumuskan f(x) = ax + b. Jika f(-2) = 14 dan f(3) = -1, maka nilai a dan b adalah ….
a. -3 dan 8        C.  2 dan 5
b.  3 dan 8        D.  5 dan -2
a=  (14-(-1))/(-2-3) = ….
f(-2) = -2*a + b -2*…. + b = 14 b = 14 − …. b = ….
7Jika  f(x) =  3x  –  2 dan f(a) = 19. Maka nilai a adalah ….
a.  6       b. 7    c.  55    d. 57
f(x) =  3x  –  2 f(a) = 3a – 2 = 19 3a = 19 + …… a = ….. / ….
a = ….
8Suatu fungsi ditentukan oleh rumus f(x) = px+q jika f(–2) = 17 dan f(5) = –32, maka f(12) = …
a. –81    b. –42    c. 29    d. 87
p=  (...-...)/(...-...) = ….f(-2) = -2*p + q -2*…. + q = 17 q = 17 − …. q = …..
jadi f(x) = ….x + …. f(12) = ….. * ….. + ….. = ….
9Suatu fungsi didefinisikan f(x) = 7 – ½ x  dengan x ϵ {-2, 0, 2, 4}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ….
a. {6, 7, 8, 9}      C. {8, 6, 4, 2}
b. {8, 7, 6, 4}      D. {8, 7, 6, 5}
f(x) = 7 – ½ x
f(-2) = 7 – ½ *(-2) = …..
f(0) = 7 – ½ *0 = ….
f(2) = 7 – ½ *2 = …..
f(4) = 7 – ½ * 4 = ….
10Diagram panah disamping menunjukkan fungsi f dari A ke B. Himpunan daerah hasil (range) dari fungsi f adalah …
a. {0,1,4}        c. {–2,–1,0,1,2}
b. {1,4        d. {0,1,2,3,4}
Daerah asal (Domain) = {a,b,c}
Daerah kawan (kodomain) = {1,2,3,4}
Daerah Hasil (range) = {1,2,4}
11Fungsi f dalam R dirumuskan oleh f(x) = 7–x. Pada fungsi f anggota daerah asal yg bayangannya 10 adalah …
a. –3 ½     b. –3    c. –1 ½     d. –1
f(x) = 7 – x dan f(x) = 10 maka
10 = 7 – x x = ….. − ….. = ….
12Ditentukan A={a,b,c,d} dan B={1,2,3,4}, banyaknya korespondensi satu-satu yg mungkin dari A ke B adalah …
a. 24    b. 16    c. 8    d. 4
n(A) = n(B) = 4 banyaknya korespondensi satu-satu = 4! = 1*2*3*4 = ….
Simpan ke PDF
0 Komentar untuk "Contoh soal UN Matematika SMP tahun 2015 : pemetaan dan fungsi"