SKL 02 Indikator 4 : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
Pembahasan :
Pembahasan :
No | Contoh Soal | Rumus dan Solusinya | |
1 | Diagram panah berikut yang merupakan pemetaan adalah …
| Ciri pemetaan/fungsi pada diagram panah semua anggota A punya pasangan dan tidak boleh ada panah bercabang dari A | |
2 | Perhatikan relasi berikut! (i) {(1,a), (2, a), (3, a), (4,a)} (ii) {(2, b), (3, c), (4, d), (2, e)} (iii) {(3, 6), (4, 6), (5, 10), (3, 12)} (iv) {(1, 5), (3, 7), (5, 9(, (3, 11)} Relasi di atas yang merupakan pemetaan adalah … a. (i) b. (ii) c. (iii) d. (iv) |
| |
3 | Diketahui A = {1,2,3} dan B = {a,b,c,d} banyaknya pemetaan yang mungkin dari B ke A adalah … a. 81 b. 64 c. 32 d. 12 | Banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B = n(B)n(A) n(A) = …. ; n(B) = …… banyaknya pemetaan yang mungkin dari B ke A = ………… = …. | |
4 | Perhatikan diagram berikut ini! Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah... a. faktor dari b. lebih dari c. kurang dari d. setengah dari | 1 faktor dari 2 1 faktor dari 3 1 faktor dari 4 2 faktor dari 2 2 faktor dari 4 4 faktor dari 4 | |
5 | Diketahui fungsi f : x a x + b dengan f (0) = - 3 dan f (2) = 1, maka nilai a + b =.... a. 1 C. 5 b. – 1 D. – 5 | a= (-3-1)/(0-2) = …. f(2) = 2a + b = 1 2*…. + b = 1 b = 1 - …. b = ….. a + b = ….. + ….. = …. | |
6 | Suatu fungsi dirumuskan f(x) = ax + b. Jika f(-2) = 14 dan f(3) = -1, maka nilai a dan b adalah …. a. -3 dan 8 C. 2 dan 5 b. 3 dan 8 D. 5 dan -2 | a= (14-(-1))/(-2-3) = …. f(-2) = -2*a + b -2*…. + b = 14 b = 14 − …. b = …. | |
7 | Jika f(x) = 3x – 2 dan f(a) = 19. Maka nilai a adalah …. a. 6 b. 7 c. 55 d. 57 | f(x) = 3x – 2 f(a) = 3a – 2 = 19 3a = 19 + …… a = ….. / …. a = …. | |
8 | Suatu fungsi ditentukan oleh rumus f(x) = px+q jika f(–2) = 17 dan f(5) = –32, maka f(12) = … a. –81 b. –42 c. 29 d. 87 | p= (...-...)/(...-...) = ….f(-2) = -2*p + q -2*…. + q = 17 q = 17 − …. q = ….. jadi f(x) = ….x + …. f(12) = ….. * ….. + ….. = …. | |
9 | Suatu fungsi didefinisikan f(x) = 7 – ½ x dengan x ϵ {-2, 0, 2, 4}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah …. a. {6, 7, 8, 9} C. {8, 6, 4, 2} b. {8, 7, 6, 4} D. {8, 7, 6, 5} | f(x) = 7 – ½ x f(-2) = 7 – ½ *(-2) = ….. f(0) = 7 – ½ *0 = …. f(2) = 7 – ½ *2 = ….. f(4) = 7 – ½ * 4 = …. | |
10 | Diagram panah disamping menunjukkan fungsi f dari A ke B. Himpunan daerah hasil (range) dari fungsi f adalah … a. {0,1,4} c. {–2,–1,0,1,2} b. {1,4 d. {0,1,2,3,4} | Daerah asal (Domain) = {a,b,c} Daerah kawan (kodomain) = {1,2,3,4} Daerah Hasil (range) = {1,2,4} | |
11 | Fungsi f dalam R dirumuskan oleh f(x) = 7–x. Pada fungsi f anggota daerah asal yg bayangannya 10 adalah … a. –3 ½ b. –3 c. –1 ½ d. –1 | f(x) = 7 – x dan f(x) = 10 maka 10 = 7 – x x = ….. − ….. = …. | |
12 | Ditentukan A={a,b,c,d} dan B={1,2,3,4}, banyaknya korespondensi satu-satu yg mungkin dari A ke B adalah … a. 24 b. 16 c. 8 d. 4 | n(A) = n(B) = 4 banyaknya korespondensi satu-satu = 4! = 1*2*3*4 = …. |
0 Komentar untuk "Contoh soal UN Matematika SMP tahun 2015 : pemetaan dan fungsi"