Cerdas Belajar Matematika

Media belajar Matematika, media interaktif untuk ulangan harian, remedial dan pengayaan secara online, analisis statistik untuk penelitian

*** Untuk mendownlod materi di blog ini klik tombol "simpan ke PDF" pada akhir artikel ***

Selamat Belajar

Contoh soal UN Matematika SMP : bagun datar

SKL 03 A  : Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator 2 : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
Indikator 3 : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.

Contoh soal dan pembahasan
NoContoh soalRumus dan solusi
1Diketahui keliling sebuah persegi 32 cm. Luas persegi tersebut adalah …
a. 32 cm²     b. 36 cm²
c. 49 cm²    d. 64 cm²
Keliling persegi = 4 x sisi png 32 = 4 x s png s = …. : …. = ….
Luas persegi = sisi x sisi = …. x …. = …..
2Diketahui persegipanjang luasnya 60 cm2. Jika sisi panjangnya 12 cm, maka keliling persegipanjang tersebut adalah …
a. 5 cm    b. 13 cm
c. 60 cm    d. 34 cm
Luas persegipanjang = p x l png 60 = 12 x l png l = …. : …. = ….
Keliling persegipanjang = 2p + 2l = 2x… + 2x….. = …..
3
Perhatikan gambar di samping Apabila panjang PQ = 15 cm, QU = 10 cm dan luas PQRS = 120 cm² , maka keliling  PQRS adalah …
a. 54 cm     b. 48 cm
c. 36 cm      d. 27 cm
Luas jajargenjang dg alas PS & tinggi QU png L = a x t png….. = PS x ….. png PS = …. : ….. = …..
Keliling jajargenjang = 2xPQ + 2xPS = 2x….. + 2x…… = ….
4
Dari gambar layang-layang berikut diketahui kelilingnya 66 cm, panjang AB = 20 cm dan BD = 24 cm. Luas layang-layang ABCD adalah …
a. 240 cm²
b. 252 cm²
c. 260 cm²
d. 273 cm²
Luas belah ketupat = ½ x d1 x d2 (d1 pngdiagonal 1)
….. = ½ x 6 x BD png BD = …. : ….. = …. png BE = ED = …. : 2 = ….
Panjang sisi AD png AD2 = …. 2 + …... 2 png AD2 = …. png AD = √…. = ….
Keliling belah ketupat = 4 x s = 4 x ….. = ….
5
Dari gambar layang-layang berikut diketahui kelilingnya 66 cm, panjang AB = 20 cm dan BD = 24 cm. Luas layang-layang ABCD adalah …
a. 240 cm²     b. 252 cm²
c. 260 cm²     d. 273 cm²
  • DE = BD : 2 = ….. : 2 = ….
  • Keliling layang-layang = 2xAB + 2xBC png 66 = 2x …. + 2xBC png 2xBC = 66 - ….. png BC = (……..)/2 = ……
  • CE2 = BC2 − EB2 png CE2 = ….2 − ..2 png CE2 = …. png CE = √…= …
  • AE2 = AB2 − EB2 png AE2 = ….2 − ..2 png AE2 = …. png AE = √…= …
    d1 = BD = …. ; d2 = AC = AE + EC = … + …. = ….
  • Luas layang-layang = (d1 ×d2)/2 = (…… ×……)/2 = ….


6Sebuah belah ketupat KLMN dengan diagonal KM = 24 cm. Jika luas belahketupat 384 cm², keliling belahketupat tersebut adalah … (UN 2013)
a. 16 cm    c. 32 cm
b. 20 cm    d. 80 cm
Luas belah ketupat = ½ * d1 * d2
png 384 = ½ * 24 * d2 png 384 = ….. * d2 png d2 = 384/(……..)= ……
s = √((1/2 d1)²+(1/2 d2)² → s=√(….²+…..²) = √(….+ ….)= √(…)pngs = …..
Keliling = 4 * s = 4 * ….. = …..
7
Perhatikan gambar! Jika luas daerah yang diarsir 8 cm² dan EFGH persegi, luas daerah yang tidak dirsir adalah …  (UN 2013)
a. 96 cm²       
b. 88 cm²       
c. 80 cm²
d. 40 cm²
Ingat rumus gabungan himpunan : n(A∪B) = n(A) + n(B) –n(A∩B
Luas gabungan     = L ABCD + L EFGH – L arsiran
= ( …. x ….) + (….²) - ….
=      …...    +  …….  -  …..
= ……. cm²
8Sebuah taman berbentuk persegi, di sekelilingnya akan dipasangi lampu dengan jarak antar lampu 6 meter. Jika sisi taman 30 meter, banyak lampu yang dipasang adalah …
a. 5 lampu        c. 15 lampu
b. 10 lampu      d. 20 lampu
Keliling persegi = 4 x s = 4 x ….. = …..
Banyak lampu = keliling/(jarak lampu)=(………)/(………)= … ……
9
Lapangan upacara di sekolah berbentuk persegipanjang dengan ukuran 26m x 14m. siswa melakukan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan sebanyak tiga kali. Jarak tempuh siswa tersebut adalah …
a. 80 m        c. 200 m
b. 160 m        d. 240 m
Keliling lapangan = jarak tempuh 1 kali putaran
Keliling lapangan = keliling persegi panjang
K = 2 ( p + l) = 2 ( …. + ….) = 2 x ….. = ….
Jarak tempuh = 3 x K = 3 x ….. = ……
10
Keliling sebuah taman berbentuk belahketupat 104 meter. Jika panjang salah satu diagonalnya 20 meter, luas taman tersebut adalah …
a. 320 m²        c. 640 m²
b. 480 m²        d. 960 m²
Keliling belahketupat = 4 x s png 104 = 4 x s png s = 104/ 4 = ……
d1 = 20 png ½ d1 = … pngs² = ( ½d1)² + ( ½d2png ½ d² = √(s²-(½d1)² ) png ½ d²= √(….²-….²) png½d²=√(…..) png 1/2 d²= …… png d²=2×….= ….
11Soal UN 2016
Perhatikan gambar! luas daerah yang diarsir adalah ....

a. 12 cm2        c.28 cm2
b. 20 cm2       d. 40 cm2
Luas arsiran = L PQS - L TPQ + L PQR - LTPQ
        =  (8x(3+2+3)):2 + (8x(3+2)):2 - 2x(8x3):2
        =     ................    + ...........  -   ..........
        =     .................        
Simpan ke PDF
7 Komentar untuk "Contoh soal UN Matematika SMP : bagun datar"

Javanet Media : Sepppp, makasih banyak gan, update terus ya gan tips tips yang lain :)

waw artikel yang banyak membantu dan sangat menginspirasi saya sebagai pendidik. ditunggu balik ya kunjungannya di https://pakekosusenomatematika.blogspot.co.id
banyak berbagi sesama guru matematika, pembahasan UN 2017 juga ada