SKL 03 A : Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator 2 : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
Indikator 3 : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
Contoh soal dan pembahasan
No | Contoh soal | Rumus dan solusi |
1 | Diketahui keliling sebuah persegi 32 cm. Luas persegi tersebut adalah …
a. 32 cm² b. 36 cm²
c. 49 cm² d. 64 cm² | Keliling persegi = 4 x sisi 32 = 4 x s s = …. : …. = ….
Luas persegi = sisi x sisi = …. x …. = ….. |
2 | Diketahui persegipanjang luasnya 60 cm2. Jika sisi panjangnya 12 cm, maka keliling persegipanjang tersebut adalah …
a. 5 cm b. 13 cm
c. 60 cm d. 34 cm | Luas persegipanjang = p x l 60 = 12 x l l = …. : …. = ….
Keliling persegipanjang = 2p + 2l = 2x… + 2x….. = ….. |
3 |
Perhatikan gambar di samping Apabila panjang PQ = 15 cm, QU = 10 cm dan luas PQRS = 120 cm² , maka keliling PQRS adalah …
a. 54 cm b. 48 cm
c. 36 cm d. 27 cm | Luas jajargenjang dg alas PS & tinggi QU L = a x t ….. = PS x ….. PS = …. : ….. = …..
Keliling jajargenjang = 2xPQ + 2xPS = 2x….. + 2x…… = …. |
4 |
Dari gambar layang-layang berikut diketahui kelilingnya 66 cm, panjang AB = 20 cm dan BD = 24 cm. Luas layang-layang ABCD adalah …
a. 240 cm²
b. 252 cm²
c. 260 cm²
d. 273 cm² | Luas belah ketupat = ½ x d1 x d2 (d1 diagonal 1)
….. = ½ x 6 x BD BD = …. : ….. = …. BE = ED = …. : 2 = ….
Panjang sisi AD AD2 = …. 2 + …... 2 AD2 = …. AD = √…. = ….
Keliling belah ketupat = 4 x s = 4 x ….. = …. |
5 |
Dari gambar layang-layang berikut diketahui kelilingnya 66 cm, panjang AB = 20 cm dan BD = 24 cm. Luas layang-layang ABCD adalah …
a. 240 cm² b. 252 cm²
c. 260 cm² d. 273 cm² |
- DE = BD : 2 = ….. : 2 = ….
- Keliling layang-layang = 2xAB + 2xBC 66 = 2x …. + 2xBC 2xBC = 66 - ….. BC = (……..)/2 = ……
- CE2 = BC2 − EB2 CE2 = ….2 − ..2 CE2 = …. CE = √…= …
- AE2 = AB2 − EB2 AE2 = ….2 − ..2 AE2 = …. AE = √…= …
d1 = BD = …. ; d2 = AC = AE + EC = … + …. = ….
- Luas layang-layang = (d1 ×d2)/2 = (…… ×……)/2 = ….
|
6 | Sebuah belah ketupat KLMN dengan diagonal KM = 24 cm. Jika luas belahketupat 384 cm², keliling belahketupat tersebut adalah … (UN 2013)
a. 16 cm c. 32 cm
b. 20 cm d. 80 cm | Luas belah ketupat = ½ * d1 * d2
384 = ½ * 24 * d2 384 = ….. * d2 d2 = 384/(……..)= ……
s = √((1/2 d1)²+(1/2 d2)² → s=√(….²+…..²) = √(….+ ….)= √(…)s = …..
Keliling = 4 * s = 4 * ….. = ….. |
7 |
Perhatikan gambar! Jika luas daerah yang diarsir 8 cm² dan EFGH persegi, luas daerah yang tidak dirsir adalah … (UN 2013)
a. 96 cm²
b. 88 cm²
c. 80 cm²
d. 40 cm² | Ingat rumus gabungan himpunan : n(A∪B) = n(A) + n(B) –n(A∩B
Luas gabungan = L ABCD + L EFGH – L arsiran
= ( …. x ….) + (….²) - ….
= …... + ……. - …..
= ……. cm² |
8 | Sebuah taman berbentuk persegi, di sekelilingnya akan dipasangi lampu dengan jarak antar lampu 6 meter. Jika sisi taman 30 meter, banyak lampu yang dipasang adalah …
a. 5 lampu c. 15 lampu
b. 10 lampu d. 20 lampu | Keliling persegi = 4 x s = 4 x ….. = …..
Banyak lampu = keliling/(jarak lampu)=(………)/(………)= … …… |
9 |
Lapangan upacara di sekolah berbentuk persegipanjang dengan ukuran 26m x 14m. siswa melakukan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan sebanyak tiga kali. Jarak tempuh siswa tersebut adalah …
a. 80 m c. 200 m
b. 160 m d. 240 m | Keliling lapangan = jarak tempuh 1 kali putaran
Keliling lapangan = keliling persegi panjang
K = 2 ( p + l) = 2 ( …. + ….) = 2 x ….. = ….
Jarak tempuh = 3 x K = 3 x ….. = …… |
10 |
Keliling sebuah taman berbentuk belahketupat 104 meter. Jika panjang salah satu diagonalnya 20 meter, luas taman tersebut adalah …
a. 320 m² c. 640 m²
b. 480 m² d. 960 m² | Keliling belahketupat = 4 x s 104 = 4 x s s = 104/ 4 = ……
d1 = 20 ½ d1 = … s² = ( ½d1)² + ( ½d2)² ½ d² = √(s²-(½d1)² ) ½ d²= √(….²-….²) ½d²=√(…..) 1/2 d²= …… d²=2×….= …. |
11 | Soal UN 2016
Perhatikan gambar! luas daerah yang diarsir adalah ....
a. 12 cm2 c.28 cm2
b. 20 cm2 d. 40 cm2 | Luas arsiran = L PQS - L TPQ + L PQR - LTPQ
= (8x(3+2+3)):2 + (8x(3+2)):2 - 2x(8x3):2
= ................ + ........... - ..........
= ................. |
7 Komentar untuk "Contoh soal UN Matematika SMP : bagun datar"
Javanet Media : Sepppp, makasih banyak gan, update terus ya gan tips tips yang lain :)
sangat membantu
Nice Post
Blog walking
Keep Posting
Nice artikel gan
waw artikel yang banyak membantu dan sangat menginspirasi saya sebagai pendidik. ditunggu balik ya kunjungannya di https://pakekosusenomatematika.blogspot.co.id
banyak berbagi sesama guru matematika, pembahasan UN 2017 juga ada