Cerdas Belajar Matematika

Media belajar Matematika, media interaktif untuk ulangan harian, remedial dan pengayaan secara online, analisis statistik untuk penelitian

*** Untuk mendownlod materi di blog ini klik tombol "simpan ke PDF" pada akhir artikel ***

Selamat Belajar

Contoh soal UN Matematika SMP : Teorema Pythagoras

SKL 03A : Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator 1 : Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras. 

Contoh Soal dan Pembahasan
NoContoh SoalRumus dan Pembahasan
1
Segitiga KLM siku-siku di M dengan panjang sisi KL = 29 cm dan LM = 21 cm, maka panjang sisi KM adalah … 
a. 35,8 cm
b. 20 cm
c.   8 cm
d.   7,1 cm
  • Theorema Pythagoras : kuadrat sisi terpanjang dari segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat dua sisi yg lain.
  • Sisi terpanjang adalah sisi di depan sudut siku-siku png ciri : ∆ABC siku-siku di A maka sisi terpanjang BC; ∆PQR siku-siku di Q maka sisi terpanjang PR; ∆KLM siku-siku di M maka sisi terpanjang KL;
  • Rumus pythagoras : sisi-sisi segitiga : a, b, c dg a sisi terpanjang png a² = b² + c² atau b² = a² – c² atau c² = a² – b²

∆KLM siku-siku di M maka sisi terpanjang KL png rumus pythagorasnya :
KL² = LM² + KM² png 29² = 21² + KM² png KM² = 29² – 21² = ….. - …. png KM² = …. png KM = √ …. = ….
2
Diantara pasangan tiga bilangan berikut manakah yang merupakan tripel pythagoras?
a. 7, 24, 26      
b. 5, 12, 13
c. 24, 32, 44
d. 20, 21, 24
Tripel pythagoras adalah pasangan tiga bilangan yg merupakan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku pngkuadrat bilangan terbesar harus sama dengan jumlah kuadrat dua bilangan yg lain.


Cek satu persatu mana yg benar :
a. 26
² = 7² + 24²  (benar / salah)
b. 15
² = 5² + 12²  (benar / salah)
c. 40
² = 24² + 32²   (benar / salah)
d. 24
² = 20² + 21²  (benar / salah)
3pngPada gambar di samping, segi tiga ABC siku-siku dititik B. BD tegak lurus AC.  Jika panjang AB = 40 cm, panjang AC = 50 cm, panjang garis BD adalah …
a. 18 cm           c. 30 cm
b. 24 cm           d. 32 cm 
1. Luas ∆ ABC =½ x BC x AB
2. Luas ∆ ABC =½ x AC x BD

menggunakan teorema pythagoras :
 BC = √AC² - AB² = .....² - .....² = .... - .... = .... = .....
sehingga :
 ½ x BC x AB = ½ x AC x BD png ½ x .... x .... = ½ x .... x BD png BD = png BD = .....
4Panjang BD pada gambar di bawah adalah ….
a. 10 cm          c. 34 cm
b. 26 cm          d. 36 cm
lihat ∆ ABC maka :
BC = AB² + AC² = ....² + ....² = .... + .... = ..... = ....
lihat BCD maka :
BD = CD² + BC² = ....² + ....² = .... + .... = ..... = ..... 
5ΔABC siku-siku di A,  panjang AB = 6 cm,  AC = 8 cm,  maka Keliling ΔABC adalah…
a. 19 cm          c. 26 cm
b. 24 cm          d. 34 cm
∆ ABC siku-siku di A maka hipotenusa = BC sehingga :
BC = AB² + AC² = ....² + ....² = .... + .... = ..... = .....
Keliling ∆ ABC  =AB + BC + CD = .... + ..... + .... = ..... 
6
Dari gambar di atas, segitiga ABC siku-siku di C, panjang AB = 25 cm dan AD = 16 cm. Maka panjang CD adalah … 
a. 12 cm
b. 15 cm
c. 17 cm
d. 20 cm

berdasar rumus di atas maka :
CD = AD x BD = √.... x .... = √ .... = ....
7Perhatikan gambar di samping! Panjang BC adalah …
a. 23 cm    c. 16 cm
b. 17 cm    d. 15 cm
Buat garis pertolongan CE, sehingga ∆ BCE siku-siku di E sehingga hipotenusa BC, rumus pythagoras :
BC² = BE² + CE² png BC² = √(….² + ….² )→ BC² =√(…..)= …..
8Berikut ini adalah ukuran sisi-sisi dari empat buah segitiga :
I. 3cm, 4 cm, 5cm   
II. 7 cm, 8 cm, 9 cm
III. 5 cm, 12 cm, 15 cm
IV. 7 cm, 24 cm, 25 cm
Yang merupakan ukuran segitiga siku-siku adalah …
a. I dan II        c. I dan IV
b. I dan III        d. II dan IV
lengkapi tabel berikut, jika nilai a²+b² sama dengan c² maka segitiga siku-siku
abca²+b²
3459162525ok
789...................
51215...................
72425...................
9Panjang hipotenusa sebuah segitiga siku-siku sama kaki adalah 20 cm. panjang kaki-kaki segitiga tersebut adalah …
a. √40 cm        c. √200 cm
b. √100 cm        d. √400 cm
Segitiga siku-siku sama kaki pngkaki-kakinya sama panjang.
c² = a² + a² png 20² = 2a² pnga² = (…..)/(….) png a = √…. = …..
10Perhatikan gambar! Diketahui AB = EA = 13 cm dan AD = 5 cm. Panjang EC adalah …
a.8 cm
b.10 cm
c.12 cm
d.13 cm
  • Lihat ∆ ADB, siku-siku di D png AB² = AD² + BD² png …² = …² + BD² png …. = …. + BD² png BD² = …. - …. png BD = √…. = …
  • Karena BD = …. Maka CD = ½ x BD = ½ x …. = …
  • Lihat ∆ EDC, siku-siku di D png EC² = CD² + ED² png EC² = …² + ….² png EC² = …. + …. png EC² = ….. png EC = √…. = …
11Panjang OE pada gambar di samping adalah …
a.2a² cm
b.2a cm
c.5a² cm
d.5a cm
  • Lihat ∆OAB png OB² = OA² + AB² png OB² = a² + a² png OB = √2a² png OB = a√2
  • Lihat ∆OBC png OC² = OB² + BC² png BC² = (√2a²)² + (√2a²)²  png BC = √4a² png OB = 2a
  • Lihat ∆OCD png OD² = OC² + CD² png OD² = ….² + ….² png OD = √…. png OB = a√….
  • Lihat ∆ODE png OE² = OD² + DE² png OE² = (… )² + (….)² png OD = √…. png OB = …..
12Dua buah tali diikatkan pada puncak menara ke permukaan tanah seperti pada gambar. Panjang kedua tali minimal yang diperlukan adalah …
a.42 m
b.30 m
c.27 m
d.17 m
  • Lihat ∆ABDpng BD² = …² + ….² png BD² = …. + …. png BD² = … png BD = √….. = …..
  • Lihat ∆ACDpng CD² = …² + ….² png CD² = …. + …. png CD² = … png CD = √….. = …..
  • Panjang kedua tali = BD + CD = …. + …. = ….
Simpan ke PDF