Cerdas Belajar Matematika

Media belajar Matematika, media interaktif untuk ulangan harian, remedial dan pengayaan secara online, analisis statistik untuk penelitian

*** Untuk mendownlod materi di blog ini klik tombol "simpan ke PDF" pada akhir artikel ***

Selamat Belajar

Tip dan Trik Menyusun Jadwal Pelajaran Menggunakan Ms Excel (3)

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Membuat Jadwal Pelajaran dengan bantuan Ms Excel (2). Setelah kita mempersiapkan tabel jadwal dan semua rumus yang diperlukan sesuai artikel sebelumnya, ada baiknya jika kita coba dulu apakah rumus yang telah kita buat berjalan sebagaimana mestinya. Pertama-tama kita coba untuk jadwal yang bertabrakan, jadwal yang kelebihan dan kekurangan jam. Setelah kita coba untuk semua cell yang ada pada format jadwal tersebut berjalan dengan baik tibalah saatnya kita untuk mulai membuat jadwal yang sesungguhnya. Langkah-langkahnya antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Kita mulai dengan mengisikan kode guru untuk mata pelajaran Penjaskes. Mata pelajaran ini harus kita dahulukan karena penjaskes mempunyai persyaratan khusus yaitu untuk jam pagi biasanya tidak boleh diatas jam ke empat, dan untuk jam siang tidak boleh sebelum jam ke 4.
  2. Mata pelajaran selanjutnya yang harus kita dahulukan adalah mata pelajaran yang memerlukan/menggunakan peralatan bersama, sehingga mata pelajaran ini walaupun gurunya berbeda tetap tidak boleh bertabrakan. Misalnya mata pelajaran TIK, karena harus menggunakan laboratorium secara bersama, maka mata pelajaran ini tidak boleh bertabrakan antara satu guru TIK dengan guru TIK yang lain.
  3. Untuk hari-hari tertentu yang jumlah jamnya ganjil, maka harus kita plot dulu mata pelajaran yang harus mengisi jam-jam ganjil tersebut. Misalnya dalam contoh terdahulu, hari selasa dan rabu memiliki jumlah jam 7, maka harus kita plot terlebih dahulu mata pelajaran yang dapat kita pecah, misalnya mata pelajaran IPS (4 jam perminggu) kita urai menjadi 1 jam di hari selasa, 1 jam di hari rabu dan 2 jam dihari lainnya.
  4. Setelah langkah 1,2, dan 3 maka kita tinggal melengkapi jadwal kita untuk mata pelajaran yang lain. Namun yang harus diperhatikan lebih lanjut adalah hari-hari MGMP setiap mata pelajaran, biasanya setiap hari pelaksanaan MGMP masing-masing mata pelajaran maka pada hari itu harus kosong untuk mengantisipasi guru-guru yang harus dikirim untuk mengikuti MGMP agar tidak menggangu pelaksanaan KBM.
  5. Langkah terakhir adalah mengatur guru-guru yang harus menjalankan tugas sebagai piket KBM.
Jika langkah 1 s.d 5 telah selesai kita laksanakan tinggal langkah terakhir adalah mengecek dan mengatur jam masing-masing guru agar dapat tersusun serapi mungkin. Demikianlah tip dan trik menyusun jadwal pelajaran ini, semoga dapat membantu rekan-rekan yang mendapatkan tugas sebagai penyusun jadwal pelajaran.

Simpan ke PDF
0 Komentar untuk "Tip dan Trik Menyusun Jadwal Pelajaran Menggunakan Ms Excel (3)"