Cerdas Belajar Matematika

Media belajar Matematika, media interaktif untuk ulangan harian, remedial dan pengayaan secara online, analisis statistik untuk penelitian

*** Untuk mendownlod materi di blog ini klik tombol "simpan ke PDF" pada akhir artikel ***

Selamat Belajar

Mengolah Nilai Harian dengan Ms Excel

Salah satu tugas utama seorang guru adalah melakukan evaluasi pembelajaran. Untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran guru harus menganalisis SK dan KD, menyusun kisi-kisi, menyusun butir soal/instrumen penilaian sesuai dengan tipe evaluasi yang akan dilaksanakan, dan mengolah nilai sebagai hasil evaluasi. Nilai sebagai hasil dari pelaksanaan evaluasi berfungsi sebagai laporan pencapaian kompetensi oleh siswa yang telah mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Dalam kegiatan pengolahan nilai, guru dapat melakukannya secara manual menggunakan daftar nilai yang sudah tercetak maupun menggunakan aplikasi. Salah satu alternatif untuk mempermudah pengolahan nilai harian adalah dengan memanfaatkan aplikasi Ms Excel untuk melakukan pengolahan nilai harian. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Sebelumnya identifikasi terlebih dahulu jenis-jenis penilaian yang ingin dilakukan misalnya : (1) penilaian kognitif (untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi) dan penilaian psikomotor (untuk mata pelajaran estetika dan pendidikan jasmani) meliputi ulangan/tes harian untuk penilaian kognitif dan tes praktik untuk penilaian psikomotor, remedial/pengayaan, dan tugas terstruktur maupun tidak terstruktur. (2) penilaian proses meliputi nilai aktifitas dan nilai postest, (3) penilaian kepribadian meliputi antara lain : disiplin, kebersihan, sopan santun, tanggungjawab, kepercayaan diri, kompetitif, hubungan sosial, kejujuran, dan religius (komponen penilaian kepribadian disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kebutuhan nilai yang ingin di kembangkan di masing-masing sekolah). 
  2. Setelah jenis-jenis penilaian kita tetapkan selanjutnya adalah menetapkan bobot dari masing-masing penilaian untuk mendapatkan nilai akhir, misalnya untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi rumusnya : (catatan untuk kelompok mata pelajaran estetika dan pendidikan jasmani nilai kognitif diganti dengan nilai psikomotor) $latex \displaystyle {\color{white} \frac{ \{ 2 \times NKog + NProses + NAfektif \}}{4}}$ , sedangkan untuk kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dapat digunakan rumus
    $latex \displaystyle {\color{white} \frac{ \{Nkog + NProses + 2 \times NAfektif \}}{4}}$
  3. Membuat daftar nilai sesuai dengan jenis penilaian dan rumus nilai harian.
Pemanfaatan aplikasi pengolah angka (misalnya Ms Excel) untuk mempermudah pengolahan nilai harian dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi ms excel.
  2. Buat daftar nilai untuk penilaian kognitif dengan beberapa kolom nilai tugas (asumsi tugas diberikan beberapa kali dalam proses KBM pada satu KD (1 atau lebih pokok bahasan) seperti contoh pada gambar.
    png
    contoh daftar nilai kognitif
    Nilai akhir kognitif diperoleh dengan merata-rata semua nilai yang telah dilakukan (alternatif lain dengan melakukan pembobotan pada masing-masing nilai). Jika ingin menggunakan alternatif 1 maka pada cell J9 ketikan rumus =(average(D9:G9)+max(H9:I9))/2, jika menggunakan pembobotan maka cell J9 ketikan rumus =(average(D9:G9)+2*max(H9:I9))/2, enter dan lanjutkan dengan mencopy rumus tersebut untuk cell dibawahnya.
  3. Berikutnya klik sheet2, kemudian buat tabel untuk penilaian proses, seperti tampak pada gambar :
    png
    Contoh daftar penilaian proses

    Ambil data-data umum seperti mata pelajaran, kelas/semester, KD/Pokok bahasan, Nama siswa, dan L/P dari sheet1 dengan rumus :
    •  cell F3 rumusnya =Sheet1!F3, kemudian copy cell F3 paste pada cell F4 dan F5.
    •  Cell B9 rumusnya =Sheet1!B9, kemudian copy cell B9 paste pada cell B10 s/d cell terakhir untuk kelas ybs. ulangi untuk cell C9
    Selanjutnya rumus untuk Nilai Akhir Proses pada cell L9 =average(D9:K9), copy cell L9 dan pastekan pada cell di bawahnya.
  4. png
    Contoh daftar penilaian proses
  5. Klik Sheet3, kemudian buat tabel penilaian Kepribadian seperti pada gambar. Ambil data umum seperti pada tabel nilai proses, kemudian buat rumus untuk Nilai Akhir Kepribadian pada cell N9 =average(D9:M9).     
  6. Tambahkan Sheet4, kemudian buat tabel Pengolahan Nilai Harian seperti pada gambar. Ambil data umum dari sheet sebelumnya. Kemudian kita isi masing-masing kolom dengan penjelasan sebagai berikut :
png
Contoh format analisis nilai ulangan harian
  • Kolom RTg adalah kolom rata-rata nilai Tugas diambil dari rata-rata nilai tugas pada Tabel Nilai Kognitif yang terletak di Sheet1. Cell D8 dengan rumus =average(Sheet1!D9:G9), kemudian copy dan pastekan pada cell dibawahnya.
  • Kolom UH/R adalah kolom yang berisi nilai terbesar diantara Nilai Ulangan dan Remedial/Pengayaan. Cell E8 dengan rumus =max(Sheet1!H9:I9), copy cell E8 dan pastekan pada cell dibawahnya.
  • Kolom R Ak berisi rata-rata nilai Aktifitas pada tabel "Nilai Proses" yang terletak di Sheet2. Rumus untuk cell F8 =AVERAGE(Sheet2!F8,Sheet2!D9,Sheet2!F9,Sheet2!H9,Sheet2!J9), kemudian copy dan pastekan di cell dibawahnya.
  • Kolom R Pt berisi rata-rata nilai Postes pada tabel Nilai Proses yang terletak di Sheet2. Rumus untuk cell G8 =AVERAGE(Sheet2!E9,Sheet2!G9,Sheet2!I9,Sheet2!K9), copy dan pastekan pada cell dibawahnya.
  • Nilai Kepribadian berisi rata-rata nilai kepribadian pada tabel Nilai Kepribadian yang terletak di Sheet3. Rumus cell H8 adalah =AVERAGE(Sheet3!D9:M9)
  • Kolom Nilai Harian merupakan nilai akhir yang dihitung menggunakan rumus yang telah ditetapkan diatas. Misalnya untuk mata pelajaran kelompok Ilmu Pengetahuan dan Teknologi maka cell J8 digunakan rumus =(2*average(D8:E8)+average(F8:G8)+H8)/4
  • Kolom ketuntasan berisi keterangan seorang siswa telah tuntas atau harus mengikuti remedial. Rumus pada cell K8 =if(J8>$K$5,"Tuntas","Remedial")
Simpan ke PDF
1 Komentar untuk "Mengolah Nilai Harian dengan Ms Excel"

blog yang smart... seandainya boleh bisa kah kiranya dibuat postingan berikutnya tentang penggabungan antara ketiganya (afektif psikomotor dan kognitif) dalam hal ini penilaian secara kesuluruhan ditambah dengan nilai MID dan UAS..?